Galeri Foto : Explore Anak Krakatau

Mulai pada tahun 1927 atau kurang lebih 40 tahun setelah meletusnya Gunung Krakatau, muncul gunung api yang dikenal sebagai Anak Krakatau dari kawasan kaldera purba tersebut yang masih aktif dan tetap bertambah tingginya. Kecepatan pertumbuhan tingginya sekitar 20 inci per bulan.

Setiap tahun ia menjadi lebih tinggi sekitar 20 kaki dan lebih lebar 40 kaki. Catatan lain menyebutkan penambahan tinggi sekitar 4 cm per tahun dan jika dihitung, maka dalam waktu 25 tahun penambahan tinggi anak Rakata mencapai 7.500 inci atau 500 kaki lebih tinggi dari 25 tahun sebelumnya.

Penyebab tingginya gunung itu disebabkan oleh material yang keluar dari perut gunung baru itu. Saat ini ketinggian Anak Krakatau mencapai sekitar 230 meter di atas permukaan laut, sementara Gunung Krakatau sebelumnya memiliki tinggi 813 meter dari permukaan laut.

Bagi yang tidak menjadi teman saya di facebook, sekarang saya upload foto-foto saya ketika explore Anak Krakatau, 8-10 Februari 2013 lalu, khusus untuk Anda :) kalau mau lihat fotonya dalam ukuran besar, klik saja di fotonya.


(Foto-foto: dok. pribadi)


Puncak Anak Krakatau














Anak Krakatau, gunung aktif
















pantai di kaki Anak Krakatau













Pulau Rakata dan sisa kejayaan Krakatau
















Sunrise dari puncak Anak Krakatau

















Pulau Sebesi dan gunungnya yang extra large
















Bermain-main di pantai pulau Sebuku Kecil
















Pulau  Sebuku Besar
















Pulau Umang-Umang
















Pantai di pulau Umang-umang

Comments