Hati-hati Denda Bagasi Kabin Jetstar 65 SGD

Saya sengaja menggunakan judul yang stright to the poin karena kesal dengan Jetstar. Bisa dibilang ini adalah pengalaman terbang paling menyebalkan seumur hidup saya dan membuat saya kapok terbang dengan Jetstar. Saya tulis kronologis saja supaya mudah menjelaskannya.

Jadi, tanggal 31 Desember 2019 saya terbang dengan Lion Air dari Jakarta ke Singapura dengan tas ini:

Kebijakan hampir semua penerbangan adalah bagasi kabin tidak lebih dari 7 kg dan kita boleh bawa satu tas selain koper ukuran kabin. Jadi bawaan saya di foto itu aman terbang ke Singapura dengan Lion Air tanpa tambahan biaya. 

Tanggal 2 Januari 2020 saya terbang dari Singapura ke Malaysia (Kuala Lumpur) dengan Jetstar dan membawa koper dan tas yang sama. Saya tidak menambahkan apapun karena tidak belanja selama di Singapura. Jadi dengan dimensi dan berat yang sama, bagaimana mungkin koper saya terdeteksi beratnya 10,8 kg. Lalu tas ransel saya lebih dari 3 kg. Totalnya hampir 14 kg. Atas kelebihan berat itu saya dikenakan denda 65 SGD (saya cek tagihan kartu kredit saya, itu mencapai Rp680 ribu, hampir mendekati harga tiket pesawat saya!)

Bagaimana mungkin saya bisa rela, kalau Lion Air membiarkan saya terbang tanpa tambahan biaya sedangkan Jetstar men-charge saya 65 SGD dengan membawa tas yang sama? 

Dan yang lebih ajaib lagi, saya iseng beli oleh-oleh di Kuala Lumpur dan menambahkan 750 gr ke dalam koper saya. Saya pikir, waktu terbang dengan Jetstar sudah overweight ya sekalian saja ditambah, tinggal bayar lebihnya. Ternyata saat check in di Lion Air tetap saja tidak overweight dan saya bisa membawa semua barang saya di kabin saat terbang dari Kuala Lumpur ke Jakarta.

LUAR BIASA KAN PERMAINAN JETSTAR??? 

JETSTAR CHARGE OVERWEIGHT KE SAYA SEDANGKAN LION AIR TIDAK??? APALAGI CHARGE-NYA HAMPIR SEHARGA TIKET. SAMPAI MATI JUGA SAYA GA IKHLAS KELUAR DUIT SEGITU UNTUK JETSTAR. KARENA MEREKA CURANG. 

Jika suatu hari ada orang Jetstar baca ini, saya akan sampaikan sampai mati saya tidak ikhlas mengeluarkan uang untuk mereka!!!! Saya tidak akan pernah naik Jetstar lagi! Cukup sekali kena jebakan ini! Selamat menikmati uang yang tidak berkah, wahai kapitalis!!!



Comments